Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Perencanaan Pembangunan Kota Melalui Bandung Planning Gallery
Abstract
Bandung Planning Gallery is Bandung planning platform as a form og transparency in terms of development by the government of Bandung. In claim as a platform of city planning with the most advanced technology facilities in Indonesia such as interactive touch screen, augmented reality technology, to virtual reality technology. The presence of Bandung Planning Gallery is expected to be a step appropriate communication strategy in conveying information related to urban development planning to the people of Bandung. The purpose of this research is to know the role of knowing how communication strategy used by Bandung Planning Gallery in socializing Bandung development plan. Departure by qualitative descriptive method, this research use some data collecting technique that is deep interview technique, observation and document. The research finds that Bandung Planning Gallery has an important role and strategy used in conveying the development planning of Bandung city in the past, the city of Bandung today, and the development planning of Bandung city in the future
Bandung Planning Gallery ialah anjungan perencanaan Kota Bandung sebagai bentuk transparansi dalam hal pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Di claim sebagai anjungan perencanaan kota dengan fasilitas teknologi tercanggih yang ada di Indonesia seperti layar sentuh interaktif, teknologi augmented reality, hingga teknologi virtual reality. Hadirnya Bandung Planning Gallery diharapkan bisa menjadi langkah strategi komunikasi yang tepat dalam menyampaikan informasi terkait perencanaan pembangunan kota kepada masyarakat Kota Bandung. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui peran serta mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan Bandung Planning Gallery dalam mensosialisasikan perencanaan pembangunan Kota Bandung. Berangkat dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa Bandung Plannning Gallery memiliki peran penting serta strategi yang digunakan dalam menyampaikan perencanaan pembangunan Kota Bandung pada masa lalu, Kota Bandung masa kini, dan perencanaan pembangunan Kota Bandung pada masa mendatang
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Yusuf Zainal. 2015. Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia
Bandung Planning Gallery. 2017. Fasilitas Canggih yang Bisa Dinikmati. From www.bdgplanninggallery.com
Cangara, H. H. 2013. Perencanaan dan Strategi komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Dilla, Sumadi. 2012. Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu. Bandung : Simbioasa Rekatama Media
Indonesia’s Attractiveness Award (AIA). 2017. Daftar Pemenang dengan Kategori Infrastruktur Kota Terbaik se-Indonesia. From www.indonesiaattractiveness-award.com
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Kompas Regional. 2017. Ridwan Kamil : Coba “Virtual Reality” Bandung Planning Gallery. From www.regional.kompas.com
DOI: https://doi.org/10.36914/jikb.v3i2.167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita Copyright